Pengertian promosi
Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapa berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk itu akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya.
Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemsaran ialah aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, menpengaruhi atau membujuk dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya.
Tujuan promosi
Tujuan promosi adalah memperkenalkan atau menaikan citra dan popularitas dari produk maupun jasa yang akan dijual. Menurut Stanley tujuan promosi adalah untuk mempengaruhi pengetahuan, sikap, perilaku dari penerima dan membujuk mereka untuk menerima konsep, pelayanan, ide atau barang yang dipromosikan.
Tujuan promosi tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Menginformasikan
Kegiatan untuk menginformasikan atas berbagai hal yang berkaitan antara perusahaan dengan konsumen dapat berupa menginformasikan perpustakaan mengenai peyediaan buku baru.
2. Mempengaruhi dan membujuk sasaran
3. Mengingatkan
Media promosi
Promosi perpustakaan menggunakan sejumlah metode seperti iklan disurat kabar, leaflet yang diberikan pada pemakai potensial, mengatur kunjungan ke unit informasi, hari peragaan unit, poster, penawaran produk dan jasa atas dasar percobaan (Trial Bassis), serta kontak pribadi dengan pemakai individu dan atasannya.
Secara umum media yang tersedia dapat dikelompokkan menjadi media cetak, media elektronik, media luar ruang, dan media lini bawah.
1. Media cetak yaitu media yang statis dan mengutamakan pesan-pesan dengan sejumlah kata, gambar, atau foto, baik dalam tata warna maupun hitam putih.
Bentuk-bentuk iklan dalam media cettak biasanya berupa iklan baris, iklan display, suplemen, pariwara, dan iklan layanan masyarakat.
Jenis-jenis media cetak terdiri atas :
a. Surat kabar
Keunggulannya:
- Cakupan pasarnya luas dan bisa dalam lingkup nasional, regional, maupun lokal
- Fleksibel
- Tepat waktu
- Diterima luas
- Sangat terpercaya
- Merupakan referensi yang bisa dibawa-bawa
- Memuat hal-hal yang aktual
Kelemahan media surat kabar:
- Hanya dibaca dalam waktu singkat
- Kualitas reproduksi buruk
- Pembaca ganda terbatas
- Tata letak yang buruk dapat mengacaukan penglihatan pembaca, dan informasi yang berlebihan memuat pengaruh iklan berkurang.
b. Majalah
Keunggulan:
- Terpercaya
- Mampu mengangkat produk yang diiklankan sajajar dengan persepsi pembaca terhadap prestisi majalah yang bersangkutan.
- Kualitas reproduksi sangat bagus
- Masa edar sangat panjang dan biasanya dikoleksi.
Kelemahan:
- Waktu edar sangat lambat
- Biayanya mahal.
2. Media elektronik yaitu media dengan teknologi elektronik dan hanya bisa digunakan bila ada jasa transmisi siaran. Bentuk-bentuk media elektronik:
a. Televisi
Keunggulan:
- Bersifat audio, visual, motion
- Formatnya sangat fleksibel
- Jangkauannya jauh
- Prestisius
- Sangat menarik perhatian
Kelemahan:
- Sangat mahal
- Banyak gangguan
- Penayangan terlalu cepat
b. Radio
Keunggulan:
- Merupakan media yang bersifat massal
- Pembuatan iklan untuk radio relatif murah
- Fleksibel
- Radio bukan media yang musiman
Kelemahan:
- Hanya menyajikan suara
- Iklan di radio biasanya disuarakan dengan cepat
- Iklan harus disesuaikan dengan sumber daya setempat.
3. Media luar ruang yaitu media iklan yang dipasang di tempat-tempat terbuka seperti di pinggir jaln, di pusat keramaian atau ditempat-tempat khusus lainnya seperti di dalam bis kota, gedung, pagar tembok dan sebagainya.
Keunggulan:
- Murah
- Sangat mencolok karena ukurannya besar
- Penampilannya menarik
- Fleksibel
- Persaingan sedikit
Kelemahan :
- Membahayakan pengemudi
- Kreativitas terbatas
4. Media lini bawah yaitu media-media minor yang digunakan untuk mengiklankan produk, seperti:
- Pameran
- Direct mail
- Point of purchase
- Merchansing Schemes
- Kalender
Tidak ada komentar:
Posting Komentar